Saturday, March 20, 2010

~Friday : 10 Tembang Menyegarkan Dari RAN~


Punya album perdana yang sukses biasanya membebani musisi saat menggarap album kedua. Penyebabnya adalah ekspektasi berlebihan dari penggemarnya atau penikmat musik yang ingin mendapat suguhan yang lebih baik, atau minimal setara dengan album terdahulu.

Hal ini juga berlaku untuk RAN yang meluncurkan album keduanya, "Friday", 13 Agustus 2009 silam. Namun mereka mampu membuktikan bahwa di album ini mereka lebih matang dari sisi musikalitas dan tetap mampu menyuguhkan tembang-tembang yang menyegarkan.

"T.G.I Friday" membuka album berisikan 10 lagu ini. Sebuah lagu uptempo dengan beat gabungan antara disco, jazz dan hip hop. Lagu ini juga menjadi senjata RAN untuk menembus pasar Asia, bahkan video klipnya sudah dirilis di stasiun TV Channel V beberapa waktu silam.

Untuk pasar Indonesia, RAN menyuguhkan lagu "Jadi Gila" yang ada di track ke-4. "Jadi Gila" sekali lagi membuktikan bahwa band beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino ini jago menciptakan musik easy listening dengan sound yang fresh dan berkualitas. Liriknya sendiri menggambarkan rasa jatuh cinta dengan gaya ironis.

Jangan lewatkan pula lagu "Karena Kusuka Dirimu" yang menyajikan suasana pop Indonesia 90-an. Ada juga lagu "God" yang religius. Lagu ini tak hanya ditawarkan kepada satu penganut agama saja tetapi kepada semua pemeluk agama secara universal lewat rasa cinta dan bersyukur pada Tuhan atas semua nikmat yang telah diberikan.

Kolaborasi dengan musisi lain juga dijajal RAN di album ini. Di lagu "Budak Cinta" yang menyajikan perpaduan musik rock dengan Hip Hop dan R&B mereka berduet dengan Dewi Sandra. Sementara di lagu "Piano" mereka dibantu oleh Andi Rianto. Track terakhir ini hanya diiringi dentingan piano dari Andi Rianto, dengan vokal Rayi dan Nino yang mengisi sepanjang lagu.

"Tunjukkan Cintamu" dan "Ratu Lebah", dua singel yang lebih dulu dirilis juga dimasukkan di album ini. "Tunjukkan Cintamu" yang pernah diangkat sebagai jingle iklan ada di track ke-3, sedangkan "Ratu Lebah" yang menjadi soundtrack film "Queen Bee" menghuni track ke-8.

Seperti album "RAN For Your Life", semua lagu yang ada di album "Friday" ini layak untuk disimak. Semoga kebersamaan mereka terus berlanjut sehingga bisa melahirkan karya-karya musik yang berbobot.


Adapted from : www.indonesiantunes.com

No comments:

Post a Comment